Jumat, 23 Mei 2014

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT



Definisi ilmukesehatan masyarakat (bahasa Inggris: public health) menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) dari adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar
setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.
            Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.
Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat
1. kepet 2. Biostatistik
3. Kesehatan Lingkungan
4. Pendidikan Kesehatan dan Perilaku
5. Administrasi Kesehatan Masyarakat
6. Gizi Masyarakat
7. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
8. Kesehatan Reproduksi masyarakat

Upaya-upaya Kesehatan Masyarakat (Notoatmodjo, 2003)
Masalah Kesehatan Masyarakat adalah multikausal, maka pemecahanya harus secara multidisiplin. Oleh karena itu, kesehatan masyarakat sebagai seni atau prakteknya mempunyaibentangan yang luas. Semua kegiatan baik langsung maupun tidak untuk mencegah penyakit(preventif), al :
1.    meningkatkan kesehatan (promotif),
2.    terapi (terapi fisik, mental, dan sosial)
3.    kuratif, maupun pemulihan (rehabilitatif) kesehatan (fisik, mental, sosial) adalah upaya kesehatan masyarakat.
Secara garis besar, upaya-upaya yang dapat dikategorikan sebagai seni atau penerapan ilmukesehatan masyarakat antara lain sebagai berikut :
a.       Pemberantasan penyakit, baik menular maupun tidak menular.
b.      Perbaikan sanitasi lingkungan
c.       Perbaikan lingkungan pemukiman
d.      Pemberantasan Vektor
e.       Pendidikan (penyuluhan) kesehatan masyarakat
f.       Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak 
g.      Pembinaan gizi masyarakath. Pengawasan Sanitasi Tempat-Tempat Umumi. Pengawasan Obat dan Minumanj. Pembinaan Peran Serta Masyarakat.
                                                Sehat dan sakit
Beberapa pengertian sehat diantaranya yaitu : 
Ø  Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.( WHO, 1947)
Ø  Sehat / kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.(UU N0. 23/1992 tentang kesehatan)
Ø  Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural. ( Pender, 1982 )
Ø  Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri ( self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual. (Paune, 1983)

Kesimpulan, kesehatan terdiri dari 3 dari 3 dimensi yaitu fisik, psikis dan social. Artinya  secara lebih positif, dengan kata lain bahwa seseorang diberi kesempatan untuk mengembangkan seluas-luasnya kemampuan yang dibawanya sejak lahir untuk mendapatkan atau mengartikan sehat.
Beberapa pengertian sakitdiantaranya yaitu : 
ü  Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial. (Perkins)
ü  Sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya.(Pemons, 1972)
ü  Sakit sebagai suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang. (Oxford English Dictionary)

Pengertian penyakit dapat diartikan sebagai suatu istilah dalam dunia medis yang digambarkan sebagai adanya gangguan dalam fungsi tubuh yang menghasilkan berkurangnya kapasitas. 
                                Nama   : Fauziyah 
                                       NIM     : P2.06.31.2.12.012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar