BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Al-Qur’an
adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara
malaikat Jibril sebagai mu’jizat. Al-Qur’an adalah sumber ilmu bagi kaum
muslimin yang merupakan dasar-dasar hukum yang mencakup segala hal.
وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَـبَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ
شَىْءٍ وَهَدَى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِين
Artinya : Kami turunkan kepadamu Al-Kitab untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (Q.S. An-Nahl : 89).
Mempelajari isi
Al-Qur’an akan menambah perbendaharaan baru, memperluas pandangan dan
pengetahuan, meningkatkan perspektif baru dan selalu menemui hal-hal yang
selalu baru. Lebih jauh lagi, kita akan lebih yakin akan keunikan isinya yang
menunjukkan Maha Besarnya Allah sebagai penciptanya.
Al-Qur’an
diturunkan dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, ada anggapan bahwa setiap orang
yang mengerti bahasa Arab dapat mengerti isi Al-Qur’an. Lebih dari itu,
ada orang yang merasa telah dapat memahami dan menafsirkan Al-Qur’an dengan bantuan terjemahnya, sekalipun tidak mengerti bahasa Arab. Padahal orang Arab sendiri banyak yang tidak mengerti kandungan Al-Qur’an. Maka dari itu, untuk dapat mengetahui isi kandungan Al-Qur’an diperlukanlah ilmu yang mempelajari bagaimana tata cara menafsiri Al-Qur’an yaitu Ulumul Qur’an dan juga terdapat faedah-faedahnya. Dengan adanya pembahasan ini, kita sebagai generasi islam supaya lebih mengenal Al-Qur’an, karena tak kenal maka tak sayang.
ada orang yang merasa telah dapat memahami dan menafsirkan Al-Qur’an dengan bantuan terjemahnya, sekalipun tidak mengerti bahasa Arab. Padahal orang Arab sendiri banyak yang tidak mengerti kandungan Al-Qur’an. Maka dari itu, untuk dapat mengetahui isi kandungan Al-Qur’an diperlukanlah ilmu yang mempelajari bagaimana tata cara menafsiri Al-Qur’an yaitu Ulumul Qur’an dan juga terdapat faedah-faedahnya. Dengan adanya pembahasan ini, kita sebagai generasi islam supaya lebih mengenal Al-Qur’an, karena tak kenal maka tak sayang.
B. Rumusan Masalah
Adapun
permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :
- Apa pengertian ‘ulumul Qur’an ?
- Apa saja ruang linkup pembahasan ‘ulumul Qur’an ?
- Apa saja cabang – cabang (pokok bahasan) ‘ulumul Qur’an?
C. Tujuan
Masalah
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
- Untuk mengetahui pengertian ‘ulumul Qur’an
- Untuk mengetahui ruang lingkup pembahasan ‘ulumul Qur’an
- Untuk mengetahui cabang – cabang (pokok bahasan) ‘ulumul Qur’an
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
‘Ulumul Qur’an
Kata Ulumul
Qur’an berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu “Ulum” dan
“Al-Qur’an”. Kata ulum adalah bentuk jamak dari kata “ilmu” yang berarti
ilmu-ilmu. Kata ulum yang disandarkan pada kata Al-Qur’an telah memberikan
pengertian bahwa ilmu ini merupakan kumpulan sejumlah ilmu yang berhubungan
dengan Al-Qur’an, baik dari segi keberadaanya sebagai Al-Qur’an maupun dari segi
pemahaman terhadap petunjuk yang terkandung di dalamnya.
Adapun
definisi ‘ulum al – qu’an secara istilah, para ulama memberikan redaksi yang
berbeda – beda, sebagimna dijelaskan berikut ini :
- Menurut Manna ‘Al-Qaththan
“Ilmu yang
mencangkup pembahasan – pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an dari sisi
informasi tentang asbab an-nuzul (sebab-sebab turunnya Al-Qur’an), kodifikasi
dan tertib penulisan Al-Qur’an, ayat-ayat yang diturunkan di mekkah dan
ayat-ayat yang diturunkan di madinah, dan hal-hal yang lain yang berkaitan
dengan Al-Qur’an.”
2. Menurut
Az-Zarqani
“Beberapa
pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, dari sisi turun, urutan penulisan,
kodifikasi, cara membaca, kemukjizatan, nasikh, munsukh, dan penolakan hal-hal
yang bisa menimbulkan keraguan terhadapnya, serta hal-hal lain.”
3.
Menurut Abu Syahbah
“Sebuah ilmu
yang memiliki banyak objek pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur’an, mulai
proses penurunan, urutan penulisan, penulisan, kodifikasi, cara membaca,
penafsiran, kemukjizatan, nasikh-mansukh, muhkan-mutasyabih, sampai
pembahasan-pembahasan lain.”
Walaupun
dengan redaksi yang sedikit berbeda, ketiga definisi di atas memiliki maksud
yang sama. Sehingga ketiga ulama tersebut sepakat bahwa ‘ulumul qur’an adalah
sejumlah pembahasan yang berkaitan dengan Al-Qur’an.
- B. Ruang Lingkup Pembahasan ‘Ulumul Al-Qur’an
Berkenan
dengan persoalan ini, M. Hasbi Ash-Shiddieqy berpendapat bahwa ruang lingkup
pembahasan Ulumul Qur’an terdiri atas enam hal pokok berikut ini :
a. Persoalan turunnya Al-Qur’an (Nuzul Al-Qur’an)
* Waktu dan
tempat turunnyaAl-Qur’an
* Sebab-sebab
turunnya Al-Qur’an
* Sejarah
turunnya Al-Qur’an
b. Persoalan
Sanad (Rangkaian para Periwayat)
* Riwayat
mutawatir
* Riwayat ahad
* Riwayad
syadz
* Macam-macam qira’at Nabi
* Macam-macam qira’at Nabi
* Para perawi
dan penghafal Al-Qur’an
* Cara-cara
penyebaran riwayat
c. Persoalan Qira’at (Cara pembacaan Al-Qur’an)
c. Persoalan Qira’at (Cara pembacaan Al-Qur’an)
* Cara berhenti (waqaf)
* Cara memulai
(ibtida’)
* Imalah
* Bacaan yang
dipanjangkan (madd)
* Meringankan
bacaan hamzah
* Memasukkan
bunyi huruf yang sukun kepasa bunyi sesudahnya (idgam)
d. Persoalan kata-kata Al-Qur’ an
d. Persoalan kata-kata Al-Qur’ an
* Kata-kata Al-Qur’an yang asing (gharib)
* Kata-kata
Al-Qur’an yang berubah-rubah harakat akhirnya (mu’rab)
* Kata-kata
Al-Qur’an yang mempunyai makna serupa (hononim)
* Padanan
kata-kata Al-Qur’an (sinonim)
* Isti’arah
* Penyerupaan
(tasybih)
e. Persoalan makna-makna Al-Qur’an yang berkaitan dengan hukum
e. Persoalan makna-makna Al-Qur’an yang berkaitan dengan hukum
* Makna umum yang tetap pada keumumannya
* Makna umum
yang dimaksudkan makna khusus
* Makna umum
yang maknanya dikhususkkan sunnah
* Nash
* Makna lahir
* Makna global
* Makna yang
diperinci
* Makna yang
ditunjukkan oleh konteks pembicaraan
* Nash yang
petunjuknya tidak melahirkan keraguan
* Nash yang
muskil ditafsirkan karena terdapat kesamaran di dalamnya
* Nash yang
maknanya tersembunyi karena suatu sebab yang terdapat pada kata itu sendiri
* Ayat yang
“menghapus” dan “dihapus” (nasikh-mansukh)
* Yang
didahulukan (muqaddam)
* Yang
diakhirkan (mu’akhakhar)
f. Persoalan makna Al-Qur’an yang berpautan dengan kata-kata Al-Qur’an
f. Persoalan makna Al-Qur’an yang berpautan dengan kata-kata Al-Qur’an
* Berpisah
* Bersambung
* Uraian
singkat
* Uraian
seimbang
* Pendek
C. Cabang –
Cabang (Pokok Bahasan) ‘Ulumul Al-Qur’an
1. Ilmu Mawathin al-Nuzul
Ilmu ini menerangkan tempat-tempat turun ayat, masanya, awalnya, dan akhirnya.
2. Ilmu tawarikh al-Nuzul
Ilmu ini menjelaskan masa turun ayat dan urutan turunnya satu persatu, dari permulaan sampai akhirnya serta urutan turun surah dengan sempurna.
3. Ilmu Asbab al-Nuzul
Ilmu ini menjelaskan sebab-sebab turunnya ayat.
4. Ilmu Qiraat
Ilmu ini menerangkan bentuk-bentuk bacaan Al-Qur’an yang telah diterima dari Rasul SAW. Ada sepuluh Qiraat yang sah dan beberapa macam pula yang tidak sah.
5. Ilmu Tajwid
Ilmu ini menerangkan cara membaca Al-Qur’an dengan baik. Ilmu ini menerangkan di mana tempat memulai, berhenti, bacaan panjang dan pendek, dan sebagainya.
6. Ilmu Gharib Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan makna kata-kata yang ganjil dan tidak terdapat dalam kamus-kamus bahasa Arab yang biasa atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Ilmu ini berarti menjelskan makna kata-kata yang pelik dan tinggi.
7. Ilmu I’rab Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan baris kata-kata Al-Qur’an dan kedudukannya dalam susunan kalimat.
8. Ilmu Wujuh wa al-Nazair
Ilmu ini menerangkan kata-kata Al-Qur’an yang mengandung banyak arti dan menerangkan makna yang dimaksud pada tempat tertentu.
9. Ilmu Ma’rifah al-Muhkam wa al-Mutasyabih
Ilmu ini menjelaskan ayat-ayat yang dipandang muhkam (jelas maknanya) dan yang mutasyabihat (samar maknanya, perlu ditakwil).
10. Ilmu Nasikh wa al-Mansukh
Ilmu ini menerangkan ayat-ayat yang dianggap mansukh (yang dihapuskan) oleh sebagian mufassir.
11. Ilmu Badai’ Al-Qur’an
Ilmu ini bertujuan menampilkan keindahan-keindahan Al-Qur’an dari sudut kesusastraan, keanehan-keanehan, dan ketinggian balaghahnya.
12. Ilmu I’jaz Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan kekuatan susunan dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an sehingga dapat membungkam para sastrawan Arab.
13. Ilmu Tanasub Ayat Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan persesuaian dan keserasian antara suatu ayat dan ayat yang didepan dan yang dibelakangnya.
14. Ilmu Aqsam Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan arti dan maksud-maksud sumpah Tuhan yang terdapat dalam Al-Qur’an.
15. Ilmu Amtsal Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan maskud perumpamaan-perumpamaan yang dikemukan Al-Qur’an.
16. Ilmu Jidal Al-Qur’an
Ilmu ini membahas bentuk-bentuk dan cara-cara debat dan bantahan Al-Qur’an yang dihadapkan kepada kamu Musyrik yang tidak bersedia menerima kebenaran dari Tuhan.
17. Ilmu Adab Tilawah Al-Qur’an
Ilmu ini memaparkan tata-cara dan kesopanan yang harus diikuti ketika membaca Al-Qur’an.
1. Ilmu Mawathin al-Nuzul
Ilmu ini menerangkan tempat-tempat turun ayat, masanya, awalnya, dan akhirnya.
2. Ilmu tawarikh al-Nuzul
Ilmu ini menjelaskan masa turun ayat dan urutan turunnya satu persatu, dari permulaan sampai akhirnya serta urutan turun surah dengan sempurna.
3. Ilmu Asbab al-Nuzul
Ilmu ini menjelaskan sebab-sebab turunnya ayat.
4. Ilmu Qiraat
Ilmu ini menerangkan bentuk-bentuk bacaan Al-Qur’an yang telah diterima dari Rasul SAW. Ada sepuluh Qiraat yang sah dan beberapa macam pula yang tidak sah.
5. Ilmu Tajwid
Ilmu ini menerangkan cara membaca Al-Qur’an dengan baik. Ilmu ini menerangkan di mana tempat memulai, berhenti, bacaan panjang dan pendek, dan sebagainya.
6. Ilmu Gharib Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan makna kata-kata yang ganjil dan tidak terdapat dalam kamus-kamus bahasa Arab yang biasa atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Ilmu ini berarti menjelskan makna kata-kata yang pelik dan tinggi.
7. Ilmu I’rab Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan baris kata-kata Al-Qur’an dan kedudukannya dalam susunan kalimat.
8. Ilmu Wujuh wa al-Nazair
Ilmu ini menerangkan kata-kata Al-Qur’an yang mengandung banyak arti dan menerangkan makna yang dimaksud pada tempat tertentu.
9. Ilmu Ma’rifah al-Muhkam wa al-Mutasyabih
Ilmu ini menjelaskan ayat-ayat yang dipandang muhkam (jelas maknanya) dan yang mutasyabihat (samar maknanya, perlu ditakwil).
10. Ilmu Nasikh wa al-Mansukh
Ilmu ini menerangkan ayat-ayat yang dianggap mansukh (yang dihapuskan) oleh sebagian mufassir.
11. Ilmu Badai’ Al-Qur’an
Ilmu ini bertujuan menampilkan keindahan-keindahan Al-Qur’an dari sudut kesusastraan, keanehan-keanehan, dan ketinggian balaghahnya.
12. Ilmu I’jaz Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan kekuatan susunan dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an sehingga dapat membungkam para sastrawan Arab.
13. Ilmu Tanasub Ayat Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan persesuaian dan keserasian antara suatu ayat dan ayat yang didepan dan yang dibelakangnya.
14. Ilmu Aqsam Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan arti dan maksud-maksud sumpah Tuhan yang terdapat dalam Al-Qur’an.
15. Ilmu Amtsal Al-Qur’an
Ilmu ini menerangkan maskud perumpamaan-perumpamaan yang dikemukan Al-Qur’an.
16. Ilmu Jidal Al-Qur’an
Ilmu ini membahas bentuk-bentuk dan cara-cara debat dan bantahan Al-Qur’an yang dihadapkan kepada kamu Musyrik yang tidak bersedia menerima kebenaran dari Tuhan.
17. Ilmu Adab Tilawah Al-Qur’an
Ilmu ini memaparkan tata-cara dan kesopanan yang harus diikuti ketika membaca Al-Qur’an.
D. Perkembangan
‘Ulumul Al-Qur’an
1. Fase Sebelum Kodifikasi
1. Fase Sebelum Kodifikasi
Pada fase
sebelum kodifikasi, ‘Ulumul Al-Qur’an kurang lebih sudah merupakan benih yang
kemunculannya sangat dirasakan semenjak Nabi masih ada. Hal itu ditandai dengan
kegairahan para sahabat untuk mempelajari Al-Qur’andengan sungguh-sungguh.
Terlebih lagi, diantara mereka – sebaimana yang diceritakan oleh Abu
Abdurrahman As-Sulami, ada kebiasaan untuk tidak berpindah kepada ayat lain,
sebelum benar-benar dapat memahami dan mengamalkan ayat yang sedang
dipelajarinya. Mereka mempelajari sekaligus mengamalkan ayat yang sedang
dipelajarinya. Dan itulah sebabnya mengapa Ibnu ‘Umar memerlukan waktu delapan
tahun hanya untuk menghafal surah Al-Baqarah.
2. Fase Kodifikasi
Pada fase
sebelum kodifikasi ‘Ulumul Al-Qur’an juga ilmu-ilmu lainnya sebelum
dikodifikasikan dalam bentuk kitab atau mushaf. Saatu-satunya yang sudah
dikodifikasikan saat itu hanyalah Al-Qur’an, fenomena it uterus berlangsung
sampai ketika ‘Ali bin Abi Thalib memerintahkan Abu Al-Aswad Ad-Da’uli untuk
menulis ilmu nahwu. Perintah ‘Ali inilah yang membuka gerbang pengodifikasian
ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab. Pengodifikasian itu semakin marak dan meluas
ketika islam berada pada tangan pemerintahan Bani Umayyah dan Bani
‘Abbasiah pada periode-periode awal pemerintahannya.
1. Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad II H.
Tentang masa
penyusunan ilmu-ilmu agama yang dimulai sejak permulaan abad II H. para ulama
memberikan prioritas atas penyusunan tafsir sebab tafsir merupakan induk
‘Ulumul Al-Qur’an. Di antara ulama abad II H. yang menyusun tafsir adalah:
- Syu’bah Al-Hjjaj (w. 160 H.)
- Sufyan bin ‘Uyainah (w. 198 H.)
- Sufyan Ats-Tsauri (w. 161 H.)
- Waqi’ bin Al-jarrh (128-197 H.)
- Muqatil bin Sulaiman (w. 150 H.)
- Ibnu Jarir Ath-Thabari (w. 310 H.)
2. Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an
Abad III H.
Pada abad
III H. selain tafsir dan ilmu tafsir, para ulama mulai menyusun pula beberapa
ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Al-Qur’an), di antaranya:
- ‘Ali bin al-MAdini (w. 234 H.), gurunya Imam Al-Bukhari, yang menyusun Ilmu Asbab An-Nuzul
- Abu ubaid al-qasimi bin salam (w. 224 H.) yang menyusun Ilmu Nasikh Wa Al-Mansukh, Ilmu Qira’at, dan Fadha’il Al-Qur’an
- Muhammad bin ayyub adh-durraits (w. 294 H.) yang menyusun Ilmu Makki wa Al-Madani
- Muhammad bin Khalaf Al-Marzuban (w. 309 H.) yang menyusun kitab Al-Hawi Fi’ ‘Ulum Al-Qur’an.
3. Perkembanga ‘ulumul
Al-Qur’an abad IV H.
Pada abad IV
H. mulai disusun Ilmu Gharib Al-Qur’an dan beberapa kitab ‘Ulumul Al-Qur’an
dengan memakai istilah ‘Ulum Al-Qur’an. Diantara ulama yang menyusun ilmu-ilmu
itu adalah:
- Abu Bakar As-Sijistani (w.330 H.) yang menyusun kitab Gharib Al-Qur’an
- Abu bakar Muhammad bin Al-Qasim Al-Anbari (w. 328 H.) yang menyusun kitab ‘Aja’ib ‘Ulum Al-Qur’an
- Abu Al-Hasan Al-Asy’ari (w. 324 H.) yang menyusun kitab Al-Mukhtazan fi’ ‘Ulum Al-Qur’an
- Abu Muhammad Al-Qassab Muhammad bin Ali Al-Kurkhi (w. 360 H.) yang menyusun kitab Nukat Al-Qur’an Ad-Dallah ‘Ala Al-Bayan fi Anwa’ Al-‘Ulum Wa Al-Ahkam Al-Munbi’ah ‘An Ikhtilaf Al-Anam
- Muhammad bin ‘Ali Al-Adfawi (w. 388 H.) yang menyusun kitab Al-Istighna’ fi’ ‘Ulum Al-Qur’an (20 jilid)
4. Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad V H.
Pada abad V
H. mulai disusun Ilmu I’rab Al-Qur’an dalam satu kitab. Di samping itu,
penulisan kitab – kitab ‘Ulum Al-Qur’an masih terus dilakukan oleh ulama masa
ini. Di antara ulama ulama yang berjasa dalam pengembangan ‘Ulum Al-Qur’an pada
masa ini adalah :
- ‘Ali bin Ibrahim bin Sa’id al-Hufi (w. 430 H.), selain mempelopori penyusunan I’rab Al-Qur’an, ia pun menyusun kitab Al-Burhan fi’Ulum Al-Qur’an.
- Abu ‘Amr Ad-Dani (w. 444 H.) yang menyusun kitab At-Taisir fi Qira’at As-Sab’i dan kitab Al-Muhkam fi An-Naqth
5.
Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad VI H.
Pada abad VI
H. di samping terdapat ulama yangbmeneruskan pengembangan ‘Ulumul Al-Qur’an,
juga terdapat ulama yang mulai menyusun ilmu Mubhamat Al-Qur’an, di antaranya
adalah:
- Abu Al-Qasim bin ‘Abdurrahman As-Suhaili (w. 581 H.) yang menyusun kitab Mubhamat Al-Qur’an
- Ibn Al-jauzi (w. 597 H.) yang menyusun kitab Funun Al-Afnan fi ‘Aja’ib Al-Qur’an dan kitab Al-Mujtaba’ fi ‘Ulum Tata’allaq bi Al-Qur’an.
6.
Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad VII H.
Pada abad
VII H. ilmu-ilmu Al-Qur’an terus berkembang dengan mulai tersusunnya Ilmu Majas
Al-Qur’an dan Ilmu Qira’at. Di antara ulama abad VII yang besar perhatiannya
terhadap ilmu-ilmu ini adalah:
- Alamuddin As-Sakhawi (w. 643 H.), kitabnya mengenai ilmu Qira’at dinamai Hidayat Al-Murtab fi Mutasyabih
- Ibn ‘Abd As-Salam yang terkenal dengan nama Al-‘Izz (w. 660 H.) yang mempelopori penulisan ilmu Majaz Al-Qur’an dalam satu kitab
- Abu Syamah (w. 655 H.) yang menyusun kitab Al-Mursyid Al-Wajiz fi ‘Ulum Al-Qur’an Tata’allaq bi Al-Qur’an Al-‘Aziz.
7. Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an
Abad VIII H.
Pada abad
VII H. muncullah beberapa ulama yang menyusun ilmu-ilmu baru tentang Al-Qur’an,
sedangkan penulisan kitab-kitab tentang “Ulum Al-Qur’an terus berjalan. Di
antara mereka adalah:
- Ibn Abi Al-isba’ yang menyusun ilmu Badai’i Al-Qur’an
- Ibn Al-Qayyim (w. 752 H.) yang menyusun ilmu Aqsam Al-Qur’an
- Najmuddin ath-Thufi (w. 716 H.) yang menyusun Ilmu Hujaj Al-Qur’an atau Ilmu Jadal Al-Qur’an
- Abu Al-Hasan Al-Mawardi, yang menyusun Ilmu Amtsal Al-Qur’an
- Badruddin Az-Zarkasyi (745-794 H.) yang menyusun kitab Al-Burhan fi ‘ulum Al-Qur’an
- Taqiyuddin Ahmad bin Taimiyah Al-Harrani (w. 728 H.) yang menyusun kitab Ushul Al-Tafsir
8.
Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad IX dan X H
Pada abad IX
dan permulaan abad X H., makin banyak karangan yang ditulis ulama tentang Ulum
Al-Qur’an. Pada masa ini, perkembangan Ulum Al-Qur’an mencpai kesempurnaannya.
Di antara ulama yang menyusun Ulum Al-Qur’an pada masa ini adalah:
- Jalaluddin Al-Bulqni (w. 824 H.) yang menyusun kitab Mawaki’ Al-‘Ulum min Mawaqi’ al-Nujum.
- Muhammad bin Sulaiman Al-Kafiyaji (w. 879 H.) yang menyusun kitab At-Taisir fi Qawa’id At-Tafsir
- Jalaluddin ‘Abdurrahman bin Kamaluddin As-Suyuthi (849-911H.) yang menyusun kitab Ath-TAhbir fi ‘Ulum At-Tafsir
9.
Perkembangan ‘Ulumul Al-Qur’an Abad XIV H.
Setelah memasuki
abad XIV H., bangkitlah kembali perhatian ulama dalam penyusunan kitab-kitab
yang membahas Al-Qur’an dari berbagai segi. Kebangkitan ini di antaranya
dipicuh oleh kegiatan ilmiah di Universitas Al-Azhar Mesir, terutama ketika
universitas ini membuka jurusan-jurusan bidang studi yang menjadikan tafsr dan
hadits sebagai salah saatu jurusannya.
Pada abad
ini ada sedikit pengembangan tema yang dilakukan oleh para ulama dibandingkan
pada abad-abad sebelumnya. Pengembangan itu di antaranya berupa penerjemahan
Al-Qur’an ke dalam bahasa-bahasa Ajam. Pada abad ini, perkembangan ‘Ulum
Al-Qur’an diwarnai oleh usaha-usaha menebarkan keraguan di seputar Al-Qur’an
yang dilakukan oleh kalangan orientalis atau oleh orang islam itu sendiri yang
dipengaruhi oleh orientalis.
Di antara
karya-karya ‘Ulum Al-Qur’an yang lahir pada abad ini adalah:
- Syekh Thahir Al-Jazairi yang menyusun kitab At-Tibyan fi’Ulum Al-Qur’an yang selesai pada tahun 1335 H
- Jamaluddin Al-Qasimy (w. 1332 H.) yang menyusun kitab Mahasin Al-Ta’wil
- Muhammad ‘Abd Al-‘Azhim Az-Zarqani yang menyusun kitab Manahil Al-‘irfan fi’Ulum Al-Qur’an (2 jilid)
- Muhammad ‘Ali Salamah yang menyusun kitab Manhaj Al-Furqan fi’Ulum Al-Qur’an
- Syeikh Tanthawi Jauhari yang menyusun kitab Al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an dan Al-Qur’an wa ‘Ulum ‘Ashriyyah
- Mushthafa Shadiq Ar-Rafi’I yang menyusun kitab I’jaz Al-Qur’an
- Ustadz Sayyid Quthub yang menyusun kitab At-Tashwir Al-Fani fi Al-Qur’an
- Ustadz Malik bin Nabi yang menyusun kitab Az-Zhahirah Al-Quraniyah.
- Sayyid Imam Muhammad Rasyid Ridha yang menyusun kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim (TAfsir Al-Manar)
- Syekh Muhammad ‘Abdullah Darraz yang menyusun kitab An-Naba’ Al-‘Azhim ‘an Al-Qur’an Al-Karim: Nazharat Jadidah fi Al-Qur’an
- DR. Subhi As-SAlih, Guru Besar Islamic Studies dan Fiqhu Lugah pada Fakultas Adab Universitas Libanon, yang menyusun kitab Mabahits fi ‘Ulum Al-Qur’an.
- Syekh Mahmud Abu Daqiqi yang menyusun kitab ‘Ulum Al-Qur’an.
- Syekh Muhammad ‘Ali Salamah, yang menyusun kitab Manhaj Al-Furqan fi’Ulum al-Qur’an.
- Ustadz Muhammad Al-Mubarak yang menyusun kitab Al-Manhal Al-Khalid.
- Muhammad Al-Ghazali yang menyusun kitab Nazharat fi Al-Qur’an.
- Syekh Muhammad Musthafa Al-Maraghi yang menyusun sebuah risalah yang menerangkan kebolehan kita menerjemahkan Al-Qur’an. Ia pun menulis kitab Tafsir Al-Maraghi
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
pembahasan yang telah disebutkan dapat disimpulkan bahwa Ulumul Qur’an adalah
kumpulan sejumlah ilmu yang berhubungan dengan Al-Qur’an yang mempunyai ruang
lingkup pembahasan yang luas. Pertumbuhan dan perkembangan Ulumul Qur’an
menjelma menjadi suatu disiplin ilmu melalui proses secara bertahap dan sesuai
dengan kebutuhan dan kesempatan untuk membenahi Al-Qur’an dari segi keberadaan
dan pemahamannya. Jadi, Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi manusia yang
disajikan dengan status sastra yang tinggi. Kitab suci ini sangat berpengaruh
terhadap kehidupan manusia semenjak Al-Qur’an diturunkan, terutama terhadap
ilmu pengetahuan, peradaban serta akhlak manusia.
B. Saran
Demikianlah
tugas penyusunan karya tulis ini kami persembahkan. Harapan kami dengan adanya
tulisan ini bisa menjadikan kita untuk lebih menyadari bahwa agama islam
memiliki khazanah keilmuan yang sangat dalam untuk mengembangkan potensi yang ada
di alam ini dan merupakan langkah awal untuk membuka cakrawala keilmuan kita,
agar kita menjadi seorang muslim yang bijak sekaligus intelek. Serta dengan
harapan dapat bermanfaat dan bisa difahami oleh para pembaca. Kritik dan saran
sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari dewan guru yang telah
membimbing kami. Apabila ada kekurangan dalam penyusunan karya tulis ini, kami
mohon maaf yang sebesar-besarnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar